Lokernez | Updated at: 00:50 |
Saya kira saat ini bisnis scammers semacam HYIP sudah hilang kabarnya entah kemana. Tidak seperti masanya dulu program scam HYIP benar-benar populer. Tapi anehnya, bisnis Multi Level Marketing di kita kok semakin menjadi-jadi yah?

Ada apa gerangan, MLM memang masih bergentayangan di banyak negara Asia-kah? Bukannya di USA bisnis MLM semacam ni sudah diputuskan illegal?

Serunya lagi, Piramyd Scheme Business dikemas secara apik memanfaatkan kepopuleran media sosial online.

Di salah satu pembahasan forum Kaskus sy dikagetkan oleh satu member tanpa identitas jelas (tanpa foto, kontak person, dsb.). Mengaku bisa menghasilkan omset puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Baiklah kalau begitu, sy akan mencoba berbagi pengalaman sy selama ini mengenai bagaimana kita tahu kalau kerja/bisnis di internet penipuan atau tidak akan bertahan lama lagi?

Berikut 5 pondasi dasar bagi pemula agar tidak menjadi korban penipuan/scam selanjutnya:

cara mengetahui penipuan internet
1. Cek Payment Proofs

Cek bukti bayaran/gaji terakhir para member kerja online. Lebih amannya cari bulan dan tahun terkini.

Semisal, di Paypal atau pembayaran rekening lain kita bisa mengecek tanggal pembayarannya yg tertera di dalamnya. Jika pembayaran 2 tahun - 3 tahun terakhir maka patut diragukan.

2. Cek situs menggunakan keywords "Scam"

Cek and re-check menggunakan kata kunci "Scam" sangat efektif. Apakah situs yg akan kita tuju tidak bermasalah?

Jika bermasalah maka akan banyak reviews blogger maupun forum yg akan membahas situs tsb. Semisal, kita ingin mengetahui situs tertentu maka kita tinggal menuliskannya di browser seperti Clixsense scam atau komisifb.com scam

3. Tanpa embel-embel uang

Jarang sekali bisnis online mengharuskan kita mengeluarkan uang terlebih dahulu. Biasanya situs yg benar-benar membayar dan bertahan lama jarang sekali menodong uang di depan sebagai alasan uang pendaftaran, biaya administrasi, dsb.

Terkecuali, jika kita ingin mengiklankan banner bisnis kita sendiri di situs PPC, blog atau forum. Maka wajar jika kita mengeluarkan uang sebagai biaya sewa banner iklan.

Umumnya, sebagai pekerja online dibayar hanya berdasarkan hasil kerja member. Semakin aktif dan giat maka semakin besar pula peluang mendapatkan bayaran besar. So, hati-hati bila kamu diharuskan membayar ini-itu. Lebih amannya, carilah bisnis online yg gratis saja.

4. Periksa domain website

Periksa domain gunanya agar kita dapat mengetahui jelas kapan tanggal dibuatnya situs website tsb. Biasanya situs HYIP/MLM tanggal berakhir Expiration Date websitenya pun gak akan lama.

Selebihnya kita dapat mudah mengecek siapa pendaftar (Regristar) asli pemilik Web. Bagi pemilik Website yg serius biasanya alamat kantor pemilik situs dan data-data lainnya tercantum menggunakan alamat plus Registrar Contact Phone asli, bukan palsu! Kita bisa mengecek semua situs yg kita curigai di whois.domaintools.com.

5. Hindari sistem kerja HYIP/MLM

Bagi kamu yg pemula "Newbie" hindarilah sistem kerja High Yield Investment Program (HYIP) atau Multi Level Marketing (MLM). Pasalnya, bisnis tersebut 99.99% tidak akan bertahan lama dan dipastikan kamu akan menjadi korban penipuan berikutnya.

Bagi yg terbiasa main di bisnis semacam ni, mungkin tidak terlalu masalah. Namun, bagi mereka pemula yg benar-benar "awam" apalagi sampai dijanjikan bakal di mentor sampai mahir haruslah mereka bisa tegas untuk tidak mengikuti program.

Dari semua poin diatas sy hanya cukup mengeceknya sampai nomor 2 saja. Kalau kamu masih ragu silahkan lanjutkan check n re-check sampai nomer 5. Mudah-mudahan bisa menjadi benteng kuat agar terhindar bsnis tipu-tipu internet. Semoga bermanfaat!

5 Cara Efektif, Reviewed by Lokernez on . Menghindari penipuan di internet! Jangan mudah tergiur janji-janji manis ndak jelas. Rating: 4.5

AVG Premium Security 2014